Memilih Jasa Arsitek Rumah yang Tepat

Memilih Jasa Arsitek Rumah yang Tepat

Jika Anda berencana membangun rumah atau lainnya, melibatkan arsitek tentu akan sangat membantu Anda.  Tidak hanya bangunan yang bagus, arsitek juga akan membuat bangunan berfungsi dengan baik dan efisien serta menghindarkan Anda dari masalah yang tidak diinginkan pada kemudian hari. Mencari arsitek tidaklah menjadi hal yang sulit. Yang menjadi masalah, ketika sudah menemukan beberapa arsitek, manakah yang paling cocok untuk proyek Anda. berikut ini cara memilih jasa arsitek rumah yang tepat

Arsitek Rumah

Arsitek Rumah

7 Tips Memilih Jasa Arsitek Rumah yang Tepat

  1. Libatkan kontraktor

Jika sejak awal Anda sudah memilih kontraktor untuk membangun rumah, maka melibatkannya untuk memilih arsitek merupakan langkah yang tepat. Dengan banyaknya pengalaman, pihak kontraktor pasti mempunyai banyak relasi dan bekerjasama dengan berbagai jasa arsitek rumah. Sehingga, kontraktor bisa mengira seperti apa arsitek yang sepertinya cocok dengan ide desain yang Anda minta.

  1. Diskusikan terlebih dahulu ide Anda dengan beberapa arsitek

Jangan terburu-buru memutuskan untuk menggunakan jasa arsitek tertentu. Lebih baik berinteraksilah dengan beberapa arsitek terlebih dulu sebelum menentukan jasa mana yang akan Anda pakai. Komunikasikan ide dan konsep rumah idaman Anda. Pastikan arsitek bisa menangkap semua ide Anda dan memberikan feedback yang memuaskan. Pastikan juga Anda mempunyai chemistry dengan arsitek. Karena selama proses desain, Anda pasti akan menjalin komunikasi lebih banyak dengan arsitek.

  1. Perhatikan fortofolio arsitek

Tips selanjutnya untuk memilih jasa arsitek rumah yang tepat adalah mengamati fortofolio sang arsitek sebanyak mungkin. Cari tahu desain apa saja yang pernah ia kerjakan. Saat menganalisa, Anda juga bisa sekaligus mencari informasi mengenai biaya desain dan pembangunan. Jika Anda sudah mengetahui fortofolio sang arsitek, Anda bisa langsung bertanya pada kliennya. Anda bisa menanyakan kontaknya kepada sang arsitek rumah sederhana. Jika arsitek mempunyai etika baik, dengan senang hati ia akan memberi testimoni kliennya.

  1. Tanyakan semua hal mendasar sebelum membuat kontrak

Mendiskusikan ide serta konsep desain Anda tidaklah cukup untuk menilai apakah arsitek tersebut cocok untuk mewujudkan rumah impian Anda. Karena itu, ada beberapa pertanyaan mendasar yang sebaiknya Anda tanyakan sebelum memulai kesepakatan. Beberapa pertanyaan yang bisa Anda ajukan antara lain: sistem perhitungan biaya dan pemberian harga serta pembayaran jasa arsitek rumah modern, apakah arsitek pernah mengerjakan proyek serupa, tahapan desain dan berapa lama waktu yang dibutuhkan, permasalahan apa saja yang mungkin datang dan menghambat keberjalanan proyek. Selain pertanyaan-pertanyaan tersebut, Anda bisa menanyakan hal-hal lain saat mendiskusikan ide Anda dengan arsitek rumah untuk menghilangkan keragu-raguan Anda untuk menggunakan jasanya.

  1. Jika masih ragu, minta rekomendasi orang terdekat Anda

Jika seusai diskusi Anda masih merasa ragu, Anda bisa berkomunikasi dengan teman atau keluarga yang pernah menggunakan jasa arsitek tersebut.

  1. Sesuaikan budget Anda

Banyak klien yang kurang memahami bahwa budget berpengaruh terhadap pemilihan jenis material yang dibeli arsitek rumah mewah. Oleh karena itu, diskusikan dengan mereka mengenai dana yang Anda punya dan tanyakan kelebihan serta kekurangan yang akan didapat.

  1. Tanyakan cara kerjanya

Antar arsitek satu dengan yang lain pasti mempunyai cara kerja yang berbeda. Anda bisa menanyakan cara ia bekerja, mulai dari mana, kapan deadlinenya, apa saja yang akan dia lakukan. Tanyakan juga fee-nya. Sang arsitek biasanya mengajukan penawaran beserta langkah-langkah kerja melalui gambar, video, atau yang lain yang akan dipresentasikan kepada Anda. Anda harus memperhatikan apa yang dijelaskan arsitek dan jagan ragu untuk bertanya jika ada yang belum paham. Jika harganya sesuai budget, Anda bisa langsung deal dan perencanaan akan segera dimulai.

Demikian, langkah-langkah memilih arsitek rumah yang tepat. Jika sudah memilih, pastikan Anda memantau proses pembangunan dari awal sampai selesai ya.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Arsitek Rumah
Author Rating
51star1star1star1star1star

Share post:

Leave A Comment

Your email is safe with us.