Hindari Kesalahan Ini Ketika Menyewa Kontraktor Rumah

Hindari Kesalahan Ini Ketika Menyewa Kontraktor Rumah

Menggunakan jasa kontraktor akan membantu Anda mulai dari desain, bahan baku, perijinan, dan sebagainya. Sebelum memakai jasa kontraktor rumah, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan seperti rekomendasi, profesionalitas dan memiliki badan hukum tidak.

Kontraktor Rumah

Kontraktor Rumah

8 Kesalahan yang Harus Anda Hindari Saat Akan Menyewa Kontraktor Rumah

  1. Tidak meminta identitas resmi

Anda perlu berhati-hati saat berhubungan dengan kontraktor. Hal ini bertujuan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ketika terjadi sengketa. Modal percaya saja tidak bisa menjadi jaminan proyek berjalan lancar tanpa kendala. Jika perlu, buatlah kontrak yang ditandatangani kedua belah pihak untuk lebih jelas dalam hal pembangunan dan masalah kekurangan.

  1. Mencari kontraktor tanpa pertimbangan orang lain

Meminta rekomendasi orang terdekat yang berpengalaman menjadi pilihan terbaik saat memilih kontraktor. Jadi Anda benar-benar mengetahui apakah kontraktor rumah tersebut mempunyai reputasi baik dengan hasil yang memuaskan. Proses tawar menawar juga lebih mudah karena sudah ada teman Anda yang menjadi penjembatan. Berbeda ketika Anda mencari kontraktor sendiri via internet. Apalagi jika Anda mudah tergiur dengan harga kontraktor rumah murah. Bisa-bisa Anda menyesal karena hasil diluar ekspetasi karena kualitas kontraktor belum jelas.

  1. Tidak memperhatikan latar belakang profesionalitas

Anda perlu memastikan kontraktor rumah yang dipilih memang berkualitas dan berpengalaman. Jika tidak berhati-hati dalam memilih kontraktor tanpa tahu track recordnya dan kemampuan para tukangnya bisa saja rumah Anda menjadi bahan kelinci percobaan. Sehingga baiknya Anda melacak riwayat mereka.  Cari tahu juga apakah mereka berpengalaman membuat rumah dengan tipe yang Anda inginkan.

  1. Sering tergoda biaya murah

Jangan langsung tergiur dengan kontraktor rumah mewah yang menawarkan biaya murah. Anda perlu mencari tahu lebih dalam kualitas bangunan serta keahlian tukangnya. Jangan sampai rumah selesai dibangun tetapi hasilnya tidak sesuai yang Anda inginkan.

  1. Terburu-buru menandatangani surat kontrak

Jangan terburu-buru saat menandatangani kontrak. Apalagi jika terjadi masalah, Anda tidak bisa meminta pertanggungjawaban karena tidak dicantumkan dalam kontrak. Bacalah isi kontrak dengan teliti dan cek apakah ada yang kurang sesuai atau ambigu. Sehingga nantinya isi kontrak sesuai harapan dan tidak merugikan pihak yang lain.

  1. Malas mencari referensi

Ketika membangun rumah, Anda akan menentukan berapa budget yang perlu disiapkan. Karena malas mencari referensi, Anda ikut-ikutan standar budget tetanggamu. Padahal, jika rajin mencari informasi, Anda bisa memperoleh kontraktor yang terpercaya dengan budget yang cocok. Anda bisa menyelidiki kontraktor rumah yang Anda datangi mulai dari material yang digunakan, habis berapa. Atau jika ingin membangun rumah RISHA yang tidak menggunakan bata dan semen Anda mencari referensi dari berbagai manakah kontraktor rumah RISHA yang berpengalaman dan paling direkomendasikan dengan hasil kerja memuaskan. Setelah itu Anda bisa survey lagi apakah harga yang mereka tawarkan sesuai dengan kualitas material.

  1. Tidak mengecek kesejahteraan pekerja

Banyak yang melalaikan kesejahteraan pekerja dalam proses pembangunan. Anda pasti beranggapan mereka telah dilindungi kontraktor. Untuk itu, pastikan mereka benar-benar mendapat asuransi dari kontraktor. Hal ini untuk meminimalisir jika terjadi kecelakaan kerja, kontraktorlah yang harus bertanggung jawab.

  1. Tidak mengecek secara berkala proses pembangunan

Kontraktor pasti menyelesaikan bangunan tahap demi tahap. Untuk itu Anda harus memeriksanya secara teratur. Jangan hanya memeriksa ketika proyek sudah selesai saja. Karena hal ini lebih memudahkan jika terjadi  ketidakkecocokan, bisa segera diubah.

Itu dia, beberapa hal yang harus Anda hindari saat akan menyewa kontraktor rumah. Semoga bisa menjadi pegangan untuk memilih kontraktor yang tepat.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Kontraktor Rumah
Author Rating
51star1star1star1star1star

Share post:

Leave A Comment

Your email is safe with us.